Pembaharuan pendidikan sebagai perspektif baru dalam dunia kependidikan mulai dirintis sebagai alternatif untuk memecahkan masalah-masalah kependidikan yang belum dapat diatasi dengan cara yang konvensional secara tuntas. Jadi, pembaharuan pendidikan dilakukan untuk memecahkan masalah pendidikan dan menyongsong arah perkembangan dunia pendidikan yang lebih memberikan harapan kemajuan lebih pesat. Beberapa tahap penting dalam penerapan pembaharuan pendidikan meliputi:
Penentuan masalah
Penentuan tujuan
Mempertimbangkan segala sumber dan hambatan
Pengumpulan alternatif pemecahan
Penentuan alternatif terpilih
Percobaan
Modifikasi dan revisi alternatif pemecahan
Pelaksanaan dan pengembangannya
Sejarah kehidupan manusia dapat dibedakan menjadi 3 tahap, yaitu :
Periode manusia masih menggantungkan diri kepada alam sekitarnya dengan usaha penyesuaian secara mencoba.
Periode manusia telah menemukan alat dan teknik baru yang menyebabkan keterikatan manusia terhadap alam berkurang namun timbul ketergantungan baru terhadap birokrasi dan spesialisasi
Periode manusia telah mampu mencapai kerjasama berdasar perencanaan menuju perubahan sosial yang diinginkan.
Kemampuan manusia bukan saja untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan mengubah dirinya (autoplastic), tetapi juga mampu mengubah lingkungannya demi kepentingan dirinya (alloplastic). Manusia mampu menciptakan Sesutu yang baru, yang sebelumnya dikenal. Manusia juga selalu berusaha dan mampu melakukan sesuatu dengan cara yang baru, yang sebelumnya belum dikenal. Justru karena kreatifitas dan usaha yang tak henti-hentinya manusia menemukan sesuatu dengan cara baru yang mengantarkan kepada kehidupan kita kini yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar