Rabu, 28 Desember 2016

PENILAIAN AUTENTIK

PENILAIAN AUTENTIK

Pengertian Penilaian Autentik
Penilaian Autentik adalah suatu istilah / terminologi yang diciptakan untuk menjelaskan berbagai metode penilaian alternatif yang memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuanya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah.
Contoh penilaian Autentik seperti meneliti,menulis,merevisi dan membahas artikel,memberikan analisis moral terhadapperistiwa,berkolaborasi dengan antar sesama melalui debat,dan sebagainya.
bentuk soal tes menggunakan standar tes berbasis norma,pilihan ganda,benar-salah,menjodohkan,atau membuat jawaban singkat.
Penilaian Autentik dapat dibuat oleh guru sendiri ,guru secara tim,atau guru bekerja sama dengan peserta didik.asumsinya peserta didik dapat melakukan aktivitas belajar lebih baik ketika mereka tahu bagaimana akan dinilai.penilaian Autentik mencoba menggabungkan kegitan guru mengajar ,kegiatan siswa belajar,motivasi dan keterlibatan peserta didik,serta keterampilan belajar.penilaian Autentik sering digambarkan sebagai penilaian atas perkembangan peserta didik karena berfokus pada kemampuan mereka berkembang untuk belajar bagaimana belajar tentang subjek.

Penilaian Autentik dan Belajar Autentik
Dalam pembelajaran Autentik ,peserta didik diminta mengumpulkan informasi dengan pendekatan saintifik.penilaian Autentik memandang penilaian dan pembelajaran adalah merupakan dua hal yang saling berkaitan

Jenis –jenis Penilaian Autentik
Penilaian sikap
Penilaian pengetahuan
Penilaian keterampilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar