Rabu, 28 Desember 2016

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi (personality atau kepribadian) adalah organisasi atau susunan dinamis dari sistem psikofisik dalam diri individu yang menentukan penyesuaian yang unik terhadap lingkungan. Artinya kepribadian dapat berubah-ubah dan antar berbagai komponen kepribadian tersebut (sistem psikofisik seprti, kebiasaan, sikap, nilai, keyakinan, emosi, perasaan, dan motif) memiliki hubungan erat yang mempengaruhi pola perilaku dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Kepribadian manusia merupakan gabungan dari berbagai sifat dan konsep seseorang yang dikaji lebih dalam, proses ini sudah berjalan dengan memberi pengalaman dan perkembangan kepribadian seseorang. Jadi dapat diartikan bahwa kepribadian merupakan suatu proses dinamis didalam diri yang terus menerus dilakukan terhadap sistem psikofisik (mental dan fisik).
Ruang lingkup psikologi pendidikan dan bimpesdik yaitu berkaitan dengan konsep kepribadian, pertumbuhan (fisik), dan perkembangan (psikis), emosi, perkembangan sosial dan pembentukan karakter, teori kognitif, psikologi behaviorostikbeserta faktor-faktornya , sehingga secara detail mampu membentuk perilaku individu dalam proses bimbingan peserta didik. Pendidik dengan sengaja dengan sengaja dan penuh tanggung jawab memberikan pengaruhnya kepada peserta didik dan berusaha menjadikan kajian tentang teori psikologi yang berperan dalam prooses pendidikan yang menyangkut berbagai hal. Seperti pergaulan antara pendidik dan peserta didik, dan pencapaian materi.
Pada hakikatnya inti persoalan psikologi terletak pada peserta didik dan secara psikologis perlakuan ini harus selaras mungkin dengan keadaan peserta didik, karena problem yang diajukan dapat dijawab dengan menunjuk kepada sifat-sifat psikologis yang ada pada peserta didik (dalam proses pendidikan) dan ini menentukan segi ilmu pengetahuan psikologi yang diperluka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar